Breaking News

Blogger templates

Blogroll

Monday, July 18, 2016

Profil Desa Kranggan Timur Kecamatan Galis - KKN 68

Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu daerah yang terletak di pulau Madura yang merupakan wilayah administrasi di propinsi Jawa Timur. Secara geografis Kabupaten Bangkalan terletak pada titik kordinat 112°40’.06” - 113°08’04” BT dan 6°51’.39” - 7°11’.39” LS.
Kabupaten Bangkalan memiliki batas- batas sebagai berikut :
-          Sebelah Utara              : Laut Jawa
-                                  Sebelah Timur             : Kabupaten Sampang
-                                  Sebelah Barat              : Selat Madura
-                                  Sebelah Selatan           : Selat Madura

Desa Kranggan Timur terletak diantara 7°12.35” LS dan 113°02.00” BT. Kecamatan Galis terletaktepat di sebelah Kecamatan Tanah Merah. Kecamatan Galis terletak pada ketinggian rata-rata 1 meter hingga 50 meter di atas permukaan laut dengan beriklim tropis dan bertemperatur sedang. Luas wilayah Kecamatan Galis tercatat 7891 Ha dengan 9 desa dan salah satunya Desa Kranggan Timur.

Desa Kranggan Timur merupakan desa di Kecamatan GalisKabupaten Bangkalan yang berbatasan dengan kecamatan Tanah Merah. Secara umum di Desa Kranggan Timur terbagi menjadi 4 dusun diantaranya dusun RampinSalamMor sabe, dan Glugur. Desa Kranggan Timur memiliki sekitar 350 kepala keluarga yang sebagian besar mata pencariannya 20% adalah petani dan 80% merantau. Tingkat pendidikan di desa Kranggan timur mayoritas adalah SD (Sekolah Dasar), yang terdapat 2 Sekolah Dasar (SD), kranggan timur 1 dan 2

Dari segi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpahdi Desa Kranggan Timur tergolong daerah yang mayoritas penghasilan masyarakatnya berupa hasil pertanian dan peternakan sebagai mata pencariannya. Hasil pertanian berupa padi, jagung, dan kacang-kacangan sebagai penghasilan utama masyarakat diKranggan TimurAdapun tersedianya sumber daya alam berupa Bambu yang melimpah yakni merupakan potensi unggulan, sehingga Bambu yang dihasilkan di Desa Kranggan Timur digunakan sebagaisarangburunguntuk dijual belikan. Selain itu di sektor peternakan, hanya sebagian kecil masyarakat DesaKranggan Timur yaitu kalangan petani yang memiliki hewan ternak berupa Kambing dan ayam, yang digunakan sebagai penghasilan tambahan masyarakat desa atau sebagai cadangan modal/tabungan.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Designed By KKN Kelompok 68